Beberapa tahun yang lalu beredar kabar yang sangat santer di masyarakat mengenai peredaran ban palsu. Bahkan produk tiruan itu mengatas namakan merk besar seperti ban IRC yang telah dikenal baik oleh masyarakat. Baik bukan hanya dari kualitasnya saja tetapi juga dari harga yang ditawarkannya, tidak heran nama besar IRC selalu identik dengan ban berkualitas. Apakah Anda mendengar kabar tersebut? Atau mungkin justru sudah menjadi salah satu korban pengguna ban motor palsu yang sangat merugikan.

Jika berbicara mengenai kerugian dari produk ban palsu itu tidak hanya dari segi supplier yang menjual ban tersebut. Tetapi lebih kepada para pengguna ban yang notabennya akan mengalami masalah yang sangat fatal. Bahkan beberapa pihak mengatakan, tanpa terkena paku saja ban palsu tidak bisa bertahan lama. Parahnya kecelakaan bisa saja mengancam setiap pengendara yang menjadi korban dari para pelaku nakal. Kabar mengenai ban produk IRC palsu itu mulai mencuat pada tahun 2014an, dimana hal itu langsung ditindaklanjuti oleh beberapa pihak yang berwenang. Namun masih kemungkinan juga produk palsu tersebut masih beredar dipasaran sampai dengan sekarang.

Sebagai pembeli yang cerdas mulai diuji ketika dihadapkan dengan pilihan produk asli ataupun palsu. Maka dari hal itulah kenapa sangat penting sekali memahami ciri dari produk KW ataupun yang benar-benar original. Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa membantu masalah Anda untuk membedakan yaitu:

  1. Kemasan.
    Yang menjadi penilaian pertama Anda adalah pada bagian kemasan, ini sangat berbeda antara asli dan palsu. Ini dikuatkan langsung oleh pihak perusahaan ban IRC yang mengatakan bahwa tulisan pada kemasan IRC selalu timbul atau dicetak mold. Ini artinya jika Anda menemukan ban dalam kemasan yang tidak disertai dengan tulisan yang demikian kemungkinan besar palsu.
  2. Aroma ban.
    Langkah kedua Anda bisa mencium aroma dari ban itu ketika dikeluarkan dalam pemasaran, ini juga berbeda. Jika Anda akan mencium aroma karet dan kimia yang sangat menyengat itu kemungkinan besar merupakan produk palsu. Karana hal itu tidak akan terjadi pada ban yang berkualitas asli dengan aroma yang sangat khas.
  3. Keelastisan.
    Jika Anda berfikir mengenai keelastisan pastinya ban selalu fleksibel karena memang terbuat dari karet. Tetapi hal itu tidak terjadi pada jenis ban palsu yang mempunyai sifat kaku dan bahkan sangat rentan rusak.
  4. Bagian pentil.
    Mungkin Anda pahami jika ban produksi apapun mempunyai pentil pada bagiannya, hal ini bisa menjadi langkah pembeda Anda. Untuk yang asli akan terbuat dari tembaga, jadi lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan, berbeda dengan produk palsu.
  5. Kode ban.
    Setiap ban yang keluar dari pabrik pasti akan mempunyai kode masing-masing yang berbeda, bisa dikatakan sebagai nomor urut. Inilah yang bisa Anda jadikan sebagai dasaran apakah produk asli atau palsu. Dan kode ini akan berbeda dengan tiruan, sekalipun sama tetapi tulisan ataupun model penempatan kode berbeda.

Nah, dengan beberapa hal diatas Anda bisa menemukan sendiri apakah ban yang akan Anda beli tersebut asli atau palsu. Beberapa cara diatas tentunya akan sangat sulit jika Anda membeli melalui toko online. Tetapi ban IRC palsu tidak akan Anda temui ketika memilih toko online yang benar-benar asli, berkualitas dan terpercaya secara resmi. Sekian informasi yang dapat dibagi mengenai cara membedakan antara ban asli dan palsu khususnya merk IRC.