Image result for Perumahan Baru Bandung

Sebelum membeli rumah apalagi di perumahan baru, khususnya daerah Surabaya, Anda perlu memperhatikan beberapa tips agar tidak tertipu dan mendapat hunian sesuai dengan yang Anda inginkan. Rumah adalah hal yang sakral untuk kehidupan sehari-hari, maka Anda harus menyeleksi betul-betul mengenai rumah yang akan Anda beli.

Mengenai info jual rumah Surabaya memang banyak tawaran-tawaran menarik. Nah, Anda harus menanyakan hak itu secara mendetail kepada pihak pengembang perumahan. Selain itu, tanyakan pula kepada warga sekitar atau beberapa orang yang pernah membeli rumah di perumahan tersebut. Hal ini diperlukan agar Anda tidak tertipu jual beli rumah apalagi di perumahan baru Surabaya.

Apabila Anda mendapat hal-hal yang mencurigakan, atau tanda-tanda penipu, segeralah laporkan hal tersebut kepada pihak berwajib dan biarkan polisi mengurus masalah itu.

Nah, untuk memilih bagaimana rumah ideal yang akan Anda beli, Anda harus membaca tips membeli rumah berikut ini :

  1. Sarana dan Prasarana Yang Sudah Tersedia

Pilihlah lokasi rumah yang dekat perkotaan karena di daerah perkotaan Anda dapat menemukan fasilitas atau sarana prasarana umum dengan mudah. Jangan memilih rumah di daerah pelosok karena fasilitas umum sangat minim. Apalagi jika Anda membeli rumah sekaligus sebagai tempat usaha, lokasi yang cocok adalah di daerah perkotaan. Selain mendapat fasilitas memadai, keuntungan yang Anda dapat juga semakin besar.

Pada dasarnya fasilitas umum yang ada pada perumahan baru Surabaya adalah sebagai berikut :

  1. Jalan keluar-masuk perumahan;
  2. Saluran drainase atau got air hujan;
  3. Penerangan jalan;
  4. Fasilitas air bersih (sumur/ PAM/ pompa tangan);
  5. Jaringan telepon serta internet;
  6. Dan lain sebagainya.

Sementara fasilitas sosial yang harus ada di perumahan adalah :

  1. Tempat ibadah (Masjid/ Musholla);
  2. Areal terbuka (taman, lapangan);
  3. Balai Pertemuan warga;
  4. Posko Keamanan;
  5. Dan lain-lain.

Anda perlu cek secara langsung ke lokasi terkait, cek apakah fasilitas-fasilitas yang dijanjikan pengembang benar-benar ada dan layak paki atau tidak. Bila fasilitas tidak sesuai dengan yang dijanjikan, maka Anda perlu mengkonfirmasi janji dari pengembang tersebut.

  1. Potensi Perkembangan Lokasi Properti

Ha yang bisa Anda amati mengenai potensi perkembangan lokasi property adalah adanya ruko, supermarket, bank, bandara, puskesmas, jalur angkutan umum, terminal, stasiun, bengkel, dan sebagainya. Apabila di sekitar perumahan baru Surabaya terdapat tempat-tempat umum tersebut, maka akan memancing keramaian sekitar perumahan. Dengan begitu, roda perekonomian akan berjalan dengan lancar di daerah tersebut. Selain itu, potensial perumahan ke depannya akan semakin maju.

  1. Posisi dan Arah Hadap Rumah

Posisi dan arah hadap rumah sangat erat kaitannya dengan sinar matahari. Hal ini tergantung selera setiap individu, ada yang mementingkan sinar matahari pagi, ada pula yang mementingkan sinar matahari sore. Nah, mana yang termasuk selera Anda?

Banyak pengembang yang menghadapkan rumah kea rah selatan atau utara agar sinar matahari terbagi rata, ini merupakan jalan tengah untuk beberapa calon pembeli.

Terlihat sepele namun sebenarnya sinar matahari itu cukup penting, tidak hanya sinar pagi dan sore hari saja, namun sinar matahari siang penting. Hal tersebut tergantung dengan hobi setiap individu, jika Anda hobi berolahraga maka sinar matahari pagi baik untuk Anda. Begitu pula dengan hobi bertanam, atau yang lainnya. Maka Anda harus bijak memilih posisi atau arah hadap rumah yang akan Anda beli.

  1. Lakukan Survei di Lokasi Yang Potensial

Kegiatan survey sangat penting dilakukan, hal tersebut dapat meminimalisir penipuan sekaligus memperbandingkan pilihan dan taawaran yang Anda peroleh. Ketika Anda sudah mendapat beberapa lokasi yang menurut Anda baik, bandingkanlah lokasi tersebut dengan survey secara langsung.

Anda bisa tanya jawab dengan warga sekitar, ketahui silsilah tanah, banunan, atau rumah yang akan Anda beli tersebut. mantapkan pilihan Anda sebelum memutuskan. Alangkah lebih baiknya berdiskusi dengan keluarga masalah pemilihan dan pembelian rumah tersebut.

  1. Lokasi Yang Berbahaya

Hindari lokasi perumahan yang berbahaya atau rawan terjadi bencana. Biasanya harga rumah yang terletak di daerah rawan bencana cenderung lebih murah, namun memiliki banyak resiko. Nah, lokasi berbahaya yang patut Anda hindari adalah sebagai berikut :

  1. Lokasi dekat pantai
  2. Lokasi di bawah atau di dekat kabel listrik tegangan tinggi (Sutet)
  3. Lokasi sulit air
  4. Lokasi yang terlalu padat
  5. Lokasi perbukitan
  6. Lokasi rumah yang terlalu jauh dengan lokasi aktivitas Anda
  7. Lokasi rumah dengan harga yang terlalu mahal
  8. Lokasi rumah yang terlalu sepi

Hal-hal tersebut harus Anda perhatikan saat memilih rumah di perumahan baru Surabaya. Pastikan tidak ada bahaya yang terjadi pada lokasi rumah yang akan Anda beli. Hati-hati pula dalam kegiatan jual beli rumah tersebut, jangan sampai tertipu. Sesuaikan rumah dengan budget, kebutuhan Anda serta keluarga, dan desain yang Anda inginkan.